BERITA

Kamis, 14 Maret 2019 07:33

Medan Berat Tak Halangi Papua Barat Penuhi Target Imunisasi

Medan Berat Tak Halangi Papua Barat Penuhi Target Imunisasi

Manokwari - Pada bulan Agustus dan September 2018, Kementerian Kesehatan akan memulai imunisasi measles dan rubella (MR) nasional tahap II. Sebanyak 28 provinsi di luar Jawa akan menjalani program ini, salah satunya adalah provinsi Papua Barat.

Per 26 Agustus 2018, data menunjukkan Provinsi Papua Barat menjadi yang tertinggi di antara 28 provinsi luar Jawa lainnya. Sebanyak 64,97 persen telah dicapai oleh Papua Barat dari target nasional 95 persen dalam mengampanyekan imunisasi massal MR hanya dalam satu bulan. 

"Kalau melihat cakupan ini, tentu masih kurang. Kita masih ada waktu ke depan ya sekitar tiga minggu lebih untuk mencapai target 95 persen. Ya harapan kita kalau bisa, target 95 persen ini minimal ya, kalau bisa 100 persen untuk memberikan imunitas, kekebalan ya, kepada anak-anak kita," tutur Otto Parorrongan, SKM, MKes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Senin (27/8/2018).
Dijelaskan oleh Otto, jumlah capaian tersebut diperoleh dari tiga kabupaten di Papua Barat, yakni Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Teluk Bintuni yang telah mencakup imunisasi massal ini lebih dari 100 persen. Yakni Kabupaten Tambrauw sejumlah 119,67 persen, Kabupaten Teluk Wondama 115,21 persen dan Kabupaten Teluk Bintuni 101,27 persen.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka yang melampaui target tersebut Seperti ada anak yang tidak terdata sebelumnya, misal ada pendatang dari Jawa namun belum terdata. Dan faktor lainnya bisa jadi jumlah sasaran di kabupaten tersebut kecil tapi ternyata jumlah anak sesungguhnya banyak.

Dengan kontur daerah yang masih didominasi oleh pegunungan, strategi yang digunakan oleh masing-masing daerah di Papua Barat juga menjadi kunci. Bahkan ada yang menggunakan helikopter, yakni di daerah Kabupaten Teluk Mondawa.

"Jadi Bupatinya sendiri itu yang gunakan helikopter untuk memantau dari tempat-tempat yang sulit. Teluk Mondawa jadi salah satu yang mencapai cakupan (imunisasi MR) 100 persen lebih awal," pungkasnya.
(frp/up)

Dibaca
Today Visitor :22
Total Visitor : 4.65K
Total Hits : 183.62K